Oleh Al Faqir Ilallah M Abduh Tuasikal MSc dalam TASYAHUD penghujung ada doa yang dituntunkan yang bisa kita melafalkan dan semestinya dihafalkan ialah doa meminta pada Allah bagi tekun berdzikir berterima kasih dan rupawan intern ibadah Dari Mu adz bin Jabal
radhiyallahu anhu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallampernah mempunyai tangannya terus berbicara wahai Mu adz bagi Allah sesungguhnya abdi mencintaimu amat abdi mencintaimu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam selepas itu berkata kawula memberikanmu nasehat wahai mu adz Janganlah anda tinggalkan saat dalam
penghujung shalat di penutup shalat selepas sama bacaan doa Allahumma a inni seperti dzikrika wa syukrika ( Baca Juga : http://goo.gl/4k9apq ) wa husni ibadatik ya Allah tolonglah hamba dalam berdzikir berterima kasih dan beribadah yang baik pada Mu Disebutkan dalam tamat hadits Mu adz mewasiatkan ibarat
itu pada Ash Sunabihi lalu Ash Shunabihi mewasiatkannya lagi pada serbuk Abdirrahman HR tepung Daud no 1522 dan An Nasai no 1304 Al Hafizh serbuk Thohir melaporkan bahwa sanad hadits ini shahih Ada tiga amanat yang diminta internal doa ini
Pertama berharap pada Allah mudah-mudahan dimudahkan berdzikir di sini dapat berupa membaca Al Quran menghargai Allah merepotkan sendiri memakai ilmu yang berfaedah dan sama dengan itu lantas mengapa dzikir didahulukan dari terima kasih lantaran bila seseorang tidak berdzikir berjasa beliau tidak bersyukur
pada Allah Allah Ta cara berkata karena itu ingatlah kau kepada Ku tentu abdi ingat pula kepadamu dan bersyukurlah untuk Ku dan janganlah kamu menyangkal nikmat Ku QS Al Baqarah 152 Kedua berharap pada Allah akan betah bersyukur syukur yakni
menampakkan bekas nikmat Allah pada ucapan babu Nya sebagai motif aplaus juga ada gaya pengakuan intern roh dan diwujudkan oleh ketundukkan pada komponen awak Disebut syukur tetap saja sambil memanfaatkan nikmat tertera buat ketaatan yang dicintai dan diridhai oleh Allah
serta menjauhkan awak dari maksiat pada Nya Ketiga ( Baca Juga : http://goo.gl/Gb2rvh ) meminta pada Allah agar cakap beribadah melalui baik Yang dimaksud ibadah yang baik adalah ibadah yang ikhlas dan ibadah yang cocok didikan dalam hadits disebutkan bahwa doa termaktub dibaca dalam dubur shalat
Dubur shalat itu sanggup bermakna sebelum salam sanggup pula sehabis salam akan tetapi yang lebih benar di sini adalah sebelum salam akibat dua alasan dubur shalat itu yakni ujungnya zat dan tengah merupakan bagian dari jasad tercatat sehingga lebih tepat dimaknakan
dubur shalat di sini adalah di akhir shalat sebelum salam Sebelum salam itu merupakan tempatnya doa akan tetapi kalau pikun dilakukan sebelum salam ma